(SELOW.CO): Siapa yang enggak kenal “Babang Tamvan” Andika? Banyak, eits…. Banyak yang tahu, maksudnya.

Okeh…deh, kita anggap banyak yang tahu. Terlepas tahu tentang reputasinya di kancah belantika musik Indonesia, atau malah tahu banyak tentang berita-berita miring yang acapkali merundungnya. Pokoke, tahulah sama Babang Tamvan yang satu ini.

Nah, belakangan ini nama doi kerap seliweran lagi di berbagai pemberitaan. Memang masih berhubungan dengan urusan perseteruan versus cewek seperti berita-berita sebelumnya. Hanya saja konflik yang sekarang beda cita rasa.

Bahkan, kalau sebelumnya ada banyak cibiran lantaran jenuh dengan tema pemberitaan yang itu-itu aja,  kali ini boleh jadi sebaliknya. Lha…kok bisa? Ups, kok pakai kaget?! Emang seorang Andika cuma pantas disandingkan dengan berita miring melulu? Jangan begitulah.

Lagi pula sekarang potongan rambutnya sudah enggak “Poni Lempar” seperti tempo hari. Tapi apa juga salahnya kalau ada yang nekat menggandrungi tampilan rambut macam Andika tempoe doeloe? Ish….terlalu diskriminatif, deh.

Yang harus diketahui publik, Andika tuh sedikit banyak (atau sedikit banget?) sudah mengalami perubahan. Sudah bermetamorfosis gitulah. Tapi enggak lantas juga layak disamain dengan kepompong. Para haters Andika kudu pahami ini.

Perubahan itu termasuk dengan perkara yang sekarang sudah di meja petugas Polda Metro Jaya. Duhhh, Andika ngamilin anak orang atau bawa kabur perawan lagi?

Ya, ampunnn… jangan suuzon dulu, kenapa! Bukan itu perkaranya. Percaya deh, kalau kamu sudah tahu ceritanya, khususnya para warga Lampung, pasti penilaian kalian terhadap Andika bakalan berbalik arah. Bahkan bisa jadi kamu mendadak akan menganggap Andika sebagai pahlawan.

Pahlawan? Ish….bisa aja begitu, kan. Toh, enggak ada yang mustahil di dunia ini.

Jadi gini. Andika itu sontak geram saat mendapati ada muatan SARA di insta story seorang cewek cantik pemilik akun instagram @berlliana.lovell.

Kalau mau tahu apa isi persis insta story yang dipersoalkan itu bisa nonton di YouTube, deh. Tapi kalau sayang kuota, ya sudah ini kutipannya:

“Apa? Lampung? Itu sejenis tanaman hias atau binatang buas sih? Aduh aku enggak tahu daerah perkampungan gitu, aku agak alergi kalau ke tempat kayak gitu.”

Bagi Andika, ucapan tersebut telah menghina dina daerah asalnya. Sebagai putra daerah yang berbakti dan merasa terpanggil untuk menjaga martabat tanah kelahiran, Andika lantas melaporkannya ke polisi.

“Gue biasanya, biasa aja dijadiin meme. Gue biasa aja. Tapi kalau untuk Lampung, provinsi gue, mewakili Provinsi Lampung, (dan) gue gede di situ, (maka) ngelihat (Lampung) dihina kayak gitu (saya) langsung marahlah,” ucap Andika ketika diwawancari awak media pasca membuat laporan di kepolisian, Selasa (18/6).

Tidak tanggung-tanggung, Andika membidik selebgram tersebut dengan pasal pelanggaran UU ITE dengan ancaman hukuman enam tahun penjara. Ckckck….apa enggak serius, tuh! Makanya, jangan suka “kongekin” Andika. Nanti kalau dia melabrak balik bisa kelimpungan sendiri orang-orang yang sudah ‘jahatin’ dia selama ini. Catet!

Oh iya, khusus untuk perkara ini, Andika juga sempat menyampaikan pada media, bahwa sesungguhnya ada banyak pihak yang ikut “terluka” atas ucapan di akun @berlliana.lovell itu. Malah menurutnya para tokoh adat Lampung juga ikut berang dibuatnya.

“Karena kan di sana ada Raja-raja Lampung yang ikut marah. Ikut ngambek gitu kan. Ya didengar lagi deh videonya itu (memang) enggak pantas,” terang Andika yang saat diwawancarai berbagai media didampingi tim kuasa hukumnya.

Mungkin tudingan Andika itu benar adanya. Tapi mungkin pula selebgram yang dilaporkan ke polisi itu sedang khilaf, keceplosan alias keseleo lidah. Bisa aja kan, namanya juga manusia. Yah, mirip pengalaman khilaf Andika di masa lalulah.

Eits, nanti dulu! Bagi Andika urusannya enggak sesederhana itu. Karena ini sudah menyangkut wibawa dan citra daerah. Enggak boleh dianggap remeh, dong!

Oleh karenanya, meski pemilik akun @berlliana.lovell, menurut Andika, pernah “menyapanya” lewat DM instagram. Tapi tekadnya sudah bulat, mirip bulan purnama. Sudah keukeh enggak mudah meleleh, meski yang nge-DM selebgram nan cantik sekalipun.

“Gue lihat tadi dia cuma nge-DM gue. Itu pun gue enggak buka. Kira-kira dia bilang ‘Bang sorry ya itu cuma becanda bla…bla…bla. Niat gue gini, gini, gini enggak ada masalah di kota Lampung,” papar Andika Mahesa menirukan isi DM Berlliana.

Lantas apa reaksi pria 33 tahun ini? Ya itu tadi, Andika tetap maju terus. Kali ini Andika benar-benar solid menggenggam prinsip. “Sorry Beib, enggak semudah itu,” begitu mungkin batin Andika.

Tapi bukan berarti Andika sudah jadi Raja Tega. Dia tetap punya welas asih. Dia tetap menyisakan ruang maaf pada Berlliana dengan catatan! permohonan maafnya bukan semata ditujukan pada dirinya seorang. Melainkan juga kepada raja-raja dan masyarakat di Lampung.

“Dia harus ke Lampung. Kita sama-sama buktiin bener apa enggak (ucapan dia) soal Lampung. Abis itu baru dia minta maaf sama raja-raja di sana dan masyarakat Lampung,” tegas Andika serius.

Tapi kita berharap persoalan ini berakhir damai, deh. Dan kalau Berlliana benar-benar menyambangi Lampung, tolong Babang Tamvan bersedia menemaninya berkeliling. Nanti di mobil perdengarkan lagu-lagu Kangen Band, saya yakin tuh si beibeb lama-kelamaan tanpa disadari bakal ikut bersenandung.

Kayak para haters Andika yang lain. Yang katanya amit-amit sama sang vokalis, tapi diam-diam banyak yang tahu lirik lagu Kangen Band. Bahkan acap menyenandungkannya saat sedang sabunan di kamar mandi:

“Kamu di mana, dengan siapa
Semalam berbuat apa
Kamu di mana, dengan siapa
Di sini aku menunggumu dan bertanya.” (*)

Komentar

Scroll Up